Wasit Anulir Gol Feyenoord, Lalu Memberikan Penalti ke Vitesse – Loh?

Wasit Feyenoord

Feyenoord sukses memenangkan Dutch Super Cup meskipun gol mereka dianulir oleh wasit karena alasan luar biasa: VAR (Video Assistant Referee).

VAR ini metode baru dalam sepakbola. FIFA memutuskan untuk mencoba pengaplikasian teknologi langsung di lapangan. Intisari penggunaan VAR ini kurang lebih sama kaya NBA. Jadi wasit berkenan melihat cuplikan ulang segala sesuatu yang berkaitan dengan gol, kartu merah, salah orang, dan penalti.

Nah, cerita di laga Feyenoord vs Vitesse memberikan sebuah pengalaman dalam tahap percobaan ini.

Jadi tuh pada saat Feyenoord memimpin 1-0, gelandang Vitesse Karim El Ahmadi dijatuhkan di kotak penalti. Wasit Danny Makkelie nge-blank. Bingung. Cenderung diem aja selagi bola terus berjalan.

Feyenoord kemudian melancarkan serangan balik maut yang berbuah gol. Namun, Makkelie makin bingung. Kayanya sih dia sadar ga sadar semua terjadi begitu cepat.

Pada akhirnya dia meminta bantuan VAR. Makkelie menuju sisi lapangan guna melihat kembali apa yang terjadi.

Keputusan diambil. Sang pengadil memberikan hadiah penalti pada Vitese dimana Alexander Buttner sukses mengkonversi guna menyamakan kedudukan.

Laga berlanjut hingga babak penalti. Feyenoord memang ditakdirkan sebagai pemenang dengan menaklukan Vitesse 4-2 di babak ini.

Berikut cuplikan kejadian membingungkan tersebut: