Tips & Trick: Cara Melakukan Diving

Kembali lagi dalam rubrik Tips & Trick, dimana kita akan kasih tips and trick sepakbola yang bikin kalian jadi tambah keren ketika main dilapangan. Kali ini kita akan ngajarin kalian skill yang sebenernya ‘agak kotor’ dan sebaiknya tidak dilakukan. Tapi karena skill ini memang ada di dalam sepakbola yaudah jadinya kita buat panduannya.

Diving (dialihkan dari bahas Inggris: menyelam) adalah istilah dalam dunia sepak bola yang mengacu pada tindakan pemain yang sengaja beraksi seperti terjatuh dan kesakitan setelah menerima perlakuan baik sengaja, tidak sengaja, bahkan hanya disentuh oleh lawan. Diving dilakukan karena beberapa modus dari sang aktor demi mendapat tendangan bebas, penalty, atau ingin membuat pemain lawan mendapat kartu.

Diving ini ternyata juga sering dilakukan oleh pesepakbola kelas dunia seperti Ashley Young, Sergio Busquets, Neymar, bahkan ‘terong-terongan’ kayak Adnan Janujaz.

Nah udah liat videonya kan? sekarang kita lanjut ke langkah pertama yang harus dilakukan:

1. Deketin Lawan

‘Basic’ dari ‘Diving skill’ ini kamu harus ngedeketin pemain lawan dulu. Kalo gak ngedeketin pemain lawan trus tiba-tiba kamu jatuh dan protes ke wasit ya sama aja minta dijitak ama pelatih ini mah.

2. Lihat Posisi Wasit

Setelah sukses ngedeketin pemain lawan, coba liat dulu posisi wasit ada dimana. Kalau kamu ingin diving dikotak penalty lawan sedangkan posisi wasit sedang gombalin cewek-cewek yang ada di bangku penonton, kita jamin mau diving sebagus apapun kamu gak bakal dapet perhatian dari sang wasit.

Pokoknya posisi wasit sama lokasi jatoh gak boleh terlalu jauh dan jangan terlalu deket juga. Kalau kamu diving dalam posisi yang dekat dengan wasit ini malah berisiko kartu kuning. Pokoknya posisi jatoh harus strategis.

3. Buat Kontak Dengan Pemain Lawan

 

Bukan kontak itu loh ya. Buat kontak disini maksudnya buat lawan menyentuh kamu atau sebaliknya, tapi buat seolah-olah kamu yang dilanggar. Kalo skill diving kamu udah mencapai tingkat dewa, gak usah menyentuh pemain lawan pun teknik diving ini juga bisa dilakukan. Tapi kamu harus pinter-pinter dalam mengelabuhi wasit dengan cara….

4. Jatuh Dengan Drama

 

Disinilah fungsi dari menonton sinetron-sinetron penuh drama bisa dipraktekkan. Ketika sudah terjatuh kamu wajib berguling-guling dulu ditengah lapangan biar wasitnya iba ngeliat kamu kesakitan. Jatohnya juga harus selebay mungkin dengan ekspresi wajah penuh derita bagai anak tiri di sinetron Indonesia.

Selanjutnya kalo perlu tunggu sampai tim medis datang, biar keliatannya cedera yang dialami bener-bener parah banget. Setelah semua orang percaya dengan akting yang kamu berikan, baru deh pelan-pelan bangkit dan normal lagi. Gampang kan? terus kalau kamu emang tipenya si raja tega kamu bisa ….

5. Minta Kartu

 

Banyak orang bijak mengajarkan kita, kalau melakukan sesuatu itu jangan setengah-setengah! Nah begitu juga dalam teknik diving, kurang afdol lah rasanya kalau kamu gak meminta kepada wasit untuk memberikan kartu kepada pemain lawan. Dikasih kartu deh pemain lawan, beruntung kalau kartu yang dikeluarkan wasit merupakan kartu merah.

Walaupun diving merupakan skill untuk membantu tim meraih kemenangan. Tapi perlu diingat diving merupakan skill terlarang. Jadi mending gak usah pake diving-divingan segala deh, pemain sepak bola itu harus ‘Fair Play’ bro. Lah terus kenapa artikel ini dibuat? ya buat bahan humor aja, sekalian menuh-menuhin kuota artikel.

Oh iya, kalau belum puas sama tips yang kita kasih di atas kamu bisa coba beli buku panduan diving ini di geray-geray capucinno cincau terdekat.

ngeselin dapet CD