Tips And Trick: Penalti Panenka Bikin Kicep Kiper Lawan

Antonin PANENKA - Tchecoslovaquie

Tips and Trick kita minggu ini adalah teknik tendangan penalti ala Panenka. Kita bakal kasih tau teknik dan tips nendang penalti unik ini buat kalian. Sebelumnya kalo kamu belum kenal apa dan siapa itu Panenka, yuk kita simak dulu profil singkatnya.

Antonin Panenka lahir di Praha 2 Desember 1948, Ia adalah anggota pemain timnas Cekoslowakia di turnamen Piala Eropa 1976. Pria yang sekarang berumur 65 tahun itu sukses membawa Cekoslowakia meraih gelar pertamanya di turnamen hajatan UEFA tersebut. Di partai final Cekoslowakia harus menghadapi babak adu penalti melawan Jerman.

Pada saat itu Panenka menjadi eksekutor terakhir untuk menentukan timnya memenangkan pertandingan. Alih-alih menendang dengan keras dan kencang, Panenka justru terlihat sangat cool, ia hanya men-chip bola ke tengah arah gawang dengan sangat pelan. Saat itu gawang Jerman dikawal oleh kiper top Alexander Meier yang salah menebak arah bola, ia pun kicep bukan kepalang, tertipu tendangan kurang ajar Panenka. Cara menendang khas Panenka inilah yang telah menjadi legenda dan selalu dikenang publik sepakbola hingga saat ini. Yuk kita liat aja nih rekaman penalti tersebut:

Pasti kalian sering melihat pemain seperti Francesco Totti, Andrea Pirlo, Robin Van Persie dan Zinedine Zidan melakukan tendangan penalti seperti Panenka kan? Ya, pemain top era sekarang tersebut mencontek trik tendangan Panenka. Boleh dikatakan Panenka menjadi guru besar dan founding father teknik menendang penalti seperti itu.

Tapi nggak semuanya berhasil loh pake jurus Panenka , banyak pemain yang justru terlihat konyol saat gagal mengeksekuasi penalti ala Panenka tersebut :

Teknik untuk melakukan tendangan Panenka sih nggak susah-susah amat. Kamu hanya tinggal mencungkil bola ke arah tengah, dan nggak perlu pake power. Cukup modal kalem kamu udah bisa bikin kiper lawan kicep abis, sekaligus dielu-elukan penonton pastinya karena berhasil mencetak gol dengan cara unik. Tapi nggak selamanya jurus Panenka ini sukses, bolawow kasih tips and trick nih buat kalian yang mau pake jurus Panenka supaya berhasil:

1. Persiapkan Mental

Buat nendang penalti Panenka kamu harus punya mental baja dan power confident  yang tinggi. Buat kamu yang sering galau gara-gara ditolak gebetan tidak direkomendasikan menendang dengan cara ini. Ketenangan juga sangat diperlukan dalam menghadapi tekanan sorak-sorai penonton. Intinya kamu harus fokus dan yakin bahwa cara kamu nendang ini berhasil menjadi gol.

2. Pasang Muka Serius dan Sangar

Tampilin mimik muka kamu yang serius dan sangar seolah-olah kamu bakal nendang kenceng ke arah gawang. Pake juga ancang-ancang yang jauh. Si kiper pasti bakal ngira kamu nendang sekuat tenaga. Cara ini murni untuk mengecoh perhatian si Kiper. Si Kiper pasti kicep banget deh tuh pas tau tendangan kamu cuma di cungkil ke arah tengah.

3. Mainin Lirikan Mata

Cobalah untuk memainkan lirikan mata kamu. Tapi jangan lirik-lirik genit ya, nanti si Kiper malah muntah ditempat. Liriklah dengan tajam ke arah sudut kiri atau kanan arah gawang. Lagi-lagi cara ini untuk mengecoh perhatian si Kiper, yang akan mengira bola akan ditendang ke sudut gawang sebelah kiri atau kanan sesuai dengan pilihan lirikan mata kamu.

4. Izin Pelatih dan Rekan Setim

Ini yang paling penting, jangan lupa minta izin terlebih dahulu kepada pelatih dan rekan setim untuk melakukan tendangan jurus Panenka ini. Jangan sampe saat kamu gagal mengeksekusi penalti, kamulah yang menjadi kambing hitam kekalahan tim. Karena jika gagal, maka akan terlihat sangat konyol, si Kiper bisa menangkap tendangan kamu yang sangat lemah.

Sekian dulu Tips and Trick edisi minggu ini. Selamat mencoba Wowers!  BR