Syarat-syarat Umum Untuk Menjadi Seorang Kapten Tim Sepakbola

Kapten dalam sepakbola adalah seorang pemain yang ditunjuk untuk memimpin sebuah tim di lapangan. Dalam pertandingan kapten biasanya memakai gelang yang menandakan bahwa ia adalah seorang kapten (yaelah udah tau kali!).

Sebenernya sih jadi kapten kerjaannya cuma gitu-gitu doang, dalam peraturan resmi FIFA kapten itu tugasnya cuma berpartisipasi dalam pelemparan koin sebelum pertandingan atau saat adu pinalti. Saat tanding, terkadang juga wasit akan ngomong sama kapten tentang perilaku timnya secara umum di lapangan. Kapten juga merupakan orang yang akan menerima piala saat tim memenangkan sesuatu.

Tapi pada kenyataanya jadi kapten itu gak gampang loh! dibutuhkan lebih dari skill yang mumpuni untuk memimpin rekan-rekan bertanding di lapangan. Saat ban kapten menempel erat di lengan, saat itulah kalian menyadari bahwa terdapat tanggung jawab yang besar terhadap apa yang terjadi di lapangan.

Nah karena itulah sebuah tim gak boleh sembarangan nunjuk seorang kapten. Seseorang yang ditunjuk menjadi kapten seenggaknya harus memenuhi beberapa persyaratan seperti di bawah ini:

1. Lebih Senior

Seorang kapten itu biasanya adalah seseorang yang sudah lama berada di tim. Bisa juga seseorang yang udah nyicipin asem manisnya dunia persepakbolaan, dimana dia udah malang melintang di berbagai klub. Pemain yang lebih senior biasanya lebih tenang saat di lapangan, bisa mengontrol emosi, dan gampang nego dengan sang wasit.

cristiano-ronaldo-570-taking-off-the-captain-armband-in-russia-1-0-portugal-at-the-2014-world-cup-qualifying-rounds

2. Memiliki Jiwa Pemimpin

Yup tugas utama seorang kapten adalah memimpin rekan-rekannya di dalam lapangan ketika bertanding. Maka dari itu hal utama yang harus dimiliki adalah jiwa kepemimpinan yang baik. Menyemangati pemain yang bermain buruk atau menenangkan rekan satu tim saat sedang emosi adalah contoh dari tindakan sang pemimpin. Sang pemimpin juga kadang-kadang suka memberi ‘quote-quote’ bijak kepada para pemain muda.

3. Cerdas

Menjadi pesepakbola bukan berarti tidak perlu sekolah ataupun cerdas, justru ini adalah elemen penting yang dibutuhkan di dalam diri seorang kapten. Hal ini dibutuhkan ketika tim harus protes kepada keputusan wasit yang dirasa janggal. Kecerdasam ini juga dibutuhkan saat melakukan konfrensi pers sebelum atau sesudah pertandingan. Bahaya jika ditanya oleh wartawan tentang tim, jawabnya malah tentang gosip hangat di twitter.

4. Skill Mumpuni

captain-jack

Poin-poin di atas sebenernya gak bakal berlaku sih kalo seorang kapten gak jago maen bola. Percuma aja kalo berwibawa tinggi tapi nendang bola aja masih mencong-mencong. Jaman sekarang banyak juga kok kapten-kapten yang dipilih berdasarkan skill maen bolanya.

5. Tampan

xin_242100531151881226901

Entah bener atau enggak, tapi biasanya sih pemain yang menjadi kapten keliatannya tampan aja gitu.

Itulah karakrer-karakter yang biasanya dimiliki oleh seorang kapten tim, Eh iya menurut study yang belum dilakukan, menjadi kapten tim itu katanya bisa membuat pemain lebih mudah menggaet cewek-cewek malam loh!