in

Sponsor-sponsor ‘Epic’ Pada Jersey Klub Sepakbola

Bicara masalah sponsor, itu berarti bicara masalah bisnis dalam sepakbola. Tak bisa dipungkiri hal tersebut memang merupakan elemen penting bagi klub sepakbola guna menyokong keuangan tim.

Jaman sekarang apa aja bisa jadi sponsor, mulai dari perusahaan berskala besar sampai usaha perumahan. Mereka beramai-ramai bekerja sama dengan klub sepakbola guna memasang iklan produk mereka.  Perusahaan otomotif, penerbangan, rumah judi, berbagai jasa, minuman beralkohol, sampai rumah prostitusi semua bisa bekerjasama dengan klub sepakbola.

Dari sekian banyak sponsor, kali ini bolawow akan membahas berbagai produk unik dari sponsor yang pernah mejeng di jersey klub.

1. Perusahaan Makanan

salas

Klub Italia, Lazio pernah di sponsori oleh perusahaan sambal & kecap bernama ‘Cirio’.  Untung saja yang terpampang hanya tulisan nya saja, bayangkan jika sambel ijo atau sambel goreng ati terdapat di jersey Lazio saat itu. Bayangkan jika sebuah warteg (warung tegal) mensponsori Lazio atau klub lain dengan menaruh menu makanan beserta harganya pada jersey klub tersebut.

2. Perusahaan Minuman Keras

scarborough vodka

Klub penghuni kasta ke 3 Liga Inggris, Scarborough pernah disponsori oleh perusahaan minuman keras terkenal, Vodka. Tulisan keren “Black Death Vodka – Drink in Peace” pun terpampang di jersey Scarborough musim 90-an ini. Dengan disponsori Vodka, para pemain Scarborough gak perlu keluar biaya sih untuk mabok-mabokan sambil sabung ayam.

3. Rumah Bordil

club_griego_patrocinado_burdel

Para pemain klub amatir Yunani asal daerah Larissa, Voukefalas FC mungkin bersyukur dengan partner sponsor klub mereka saat ini. Ya, mereka bekerjasama dengan sebuah rumah bordil dan panti pijat plus-plus di daerah setempat. Nama “Villa Erotica” terpampang jelas di bagian belakang jersey. Kira-kira para pemain dapet bonus apa ya dari pihak sponsor? Apakah tersedia amoy/panlok di ruang ganti para pemain?

4. Calon Pejabat

Dengan sistem paruh musim sampai dengan menjelang pemilu, mungkin para caleg (calon legislatif) yang kaya raya bisa berkampanye lewat jersey klub sepakbola daerah setempat. Dengan menempelkan foto dan tagline “Coblos Anu nya!” di jersey klub tersebut, para caleg diyakini mampu meraih banyak suara. Lantas bagaimana jika para caleg nya seperti ini?

36944063007-caleg-seksi-002-ramadhian-fadillah

Kalo yang ini belum pernah ada sih kayanya. Eh tapi masa politik masuk ranah sepak bola sih! jangan-jangan ah, jadi kurang ‘resep’ nanti nontonnya.

Kesimpulannya jaman sekarang memang sepakbola juga merupakan industri bisnis dan lahan iklan yang empuk bagi beberapa perusahaan. Belum aja perusahaan ‘sabun 7 rasa’ menaruh iklan di jersey klub.

zp_465220809_SM_9160_AA_1BEFF0_8959

Janji Puma Untuk Memperbaiki Resleting Jaket Arsene Wenger

ARSENAL DAN PUMA

5 Alasan Mengapa Puma Menjalin Kerjasama dengan Arsenal