Shakira dan Tiga Kali Keikutsertaannya Dalam Piala Dunia

Bukan hanya pemain bola yang bisa berkali-kali turut serta dalam turnamen olahraga seperti Piala Dunia, seorang penyanyi sekalipun bisa secara langsung ambil bagian dalam acara 4 tahunan tersebut, Shakira contohnya.

24 tahun karirnya sejak 1990, Shakira telah 3 kali terlibat dalam dalam event Piala Dunia, yaitu pada tahun 2006, 2010, dan terakhir 2014. 12 tahun FIFA terus mempercayakan Shakira sebagai pelantun theme song acara keramat tersebut.

Berikut Perjalanan karir Shakira di Piala Dunia:

1. Hips Don’t Lie – 2006 (Jerman)

Satu-satunya lagu Shakira yang tidak diciptakan khusus untuk ajang Piala Dunia. Lagu Hips Don’t Lie ini dirilis pada Februari 2006 yang merupakan single ke-tiga pada album ke-enam Shakira. Wah lagu ini hits banget waktu itu, terjual lebih dari 3.6 juta copy dan merupakan single pertama Shakira yang menjadi peringkat 1 di  Billboard hot 100. Video klip-nya mantep juga nih, apalagi pas adegan Shakira duduk di kursi, aduh bikin ser-seran banget deh.

Nah, melihat dahsyatnya goyang ‘tasser’ Shakira, pihak FIFA akhirnya tertarik untuk memanggilnya sebagai bintang tamu pada acara penutupan Piala Dunia 2006 di Berlin. Aksinya berhasil menyedot atensi seluruh penonton di stadion maupun layar kaca. Shakira menjadi ikon baru dalam sepak bola.

2. Waka Waka – 2010 (Afrika Selatan)

Mungkin kalo boleh dibilang ini merupakan salah satu lagu theme song terbaik Piala Dunia. Melanjutkan hubungan kerjasama dengan FIFA, Shakira dan freshlyground merilis Waka waka pada 07 mei 2010. Lagu ini sempat mengundang kontroversi dari rakyat Afrika yang protes karena FIFA lebih memilih Shakira (non-Afrika) ketimbang artis lokal sebagai pelantun lagu Piala Dunia.

Namun, protes tersebut tak menghambat Waka waka sukses menjadi salah satu lagu yang paling ‘booming’ tahun 2010. Video klipnya di youtube sukses menjadi yang paling banyak dilihat sepanjang sejarah.

3. La la la – 2014 (Brazil)

Melanjutkan keberhasilan lagu World Cup 2010, Shakira kembali menjadi bintang di Brazil. Melalui lagu la la la, Shakira menutup pagelaran Piala Dunia dengan spesial. Walau lirik lagunya yang kita tau ‘la la la la la’ doang, tapi goyangan maut Shakira di panggung membuat lagu tersebut terasa sangat enak didenger.

Ya itulah perjalanan Shakira di Piala Dunia. Berkat penampilannya, Piala Dunia menjadi teramat spesial di mata para penikmat sepakbola.

Shakira juga mendapat hikmah dari Piala Dunia, ia dipertemukan dengan kekasih hatinya, Gerrard Pique serta saat ini telah dikaruniai seorang anak yang diberi nama Milan. “Jika bukan karena Piala Dunia, anak gue si ‘Milan’ gak bakalan pernah ada disini” kata Shakira kepada Foxnews.