Serie-A Inside: Gonjang Ganjing Kepemilikan Hak Stadion

4segel

Bolawow – Liga yang mulai tayang di TV Swasta tanah air sejak tahun 1997 ini seolah selalu dihantui masalah. Bahkan ketika negara ini meraih gelar juara Piala Dunia 2006 pun, Liga domestik mereka sedang terjadi gonjang-ganjing masalah ‘Calciopoli’.

Akhir-akhir ini Serie A sedang ramai perbincangan masalah hak stadion klub-klub, sampai tim sekaliber ‘Il Nerrazura’ dan ‘Il Rossoneri’ pun tersangkut masalah hak stadion ini. Terakhir, Cagliari tersangkut masalah terkait hak stadion dengan Pemda setempat. Hal ini cukup riskan mengingat stadion adalah penunjang sebuah klub sepakbola profesional untuk menjalani sebuah kompetisi.

Dan kali ini Bolawow akan memberi beberapa solusi terkait masalah ini:

1. Mencari Investor

sheikh-mansour_1217186c

Bercermin pada Arsenal yang memiliki sponsor yang sanggup membuatkan “The Emirates” bagi The Gunners. Tim-tim yang mengalami masalah hak stadion harus lebih giat mencari investor atau sponsor besar. Para raja minyak dari Timur-tengah atau tokoh politik yang mencari massa merupakan target yang empuk untuk dijadikan investor. Kalo emang kepepet, coba minta pertolongan kepada Roro Jonggrang untuk membuatkan 1000 stadion dalam satu malam, itupun jika tidak ada ayam yang berkokok.

2. Menyewa stadion

JASAWARGA

Cara ini sedang populer dilakukan oleh para klub yang bermasalah dengan stadion, tapi kendalanya adalah anggaran mereka yang membengkak hanya untuk menyewa stadion. Biaya untuk kang parkir, kang keamanan, dan kang office boy diperkirakan melebihi anggaran yang sudah ditetapkan. Selain masalah tadi, hal yang dikhawatirkan juga adalah ketika klub penyewa telat membayar uang sewa, bisa-bisa sang pemilik stadion mematikan listrik ketika klub tersebut sedang bertanding (Anak kost pasti ngerti banget perasaan klub ini).

3. Pindah Liga

article-2466191-188ADAA100000578-416_634x403

Jika kedua cara tadi sulit ditempuh, cara terakhir adalah pindah liga. Daripada harus menyewa stadion yang menghabiskan dana ratusan juta, lebih baik main di Liga Futsal yang hanya membayar sewa 180 ribu/jam.

Opsi pindah liga mungkin adalah solusi terbaik untuk klub yang memiliki masalah tentang hak stadion dan yang tidak memiliki stadion. Namun opsi ini juga merupakan opsi yang paling ngehek dan ngaco untuk dilakukan. Semoga artikel ini bisa memberi wahyu dan hidayah kepada klub-klub tersebut.