Possible Or Not – Mungkinkah Torres Meraih Gelar Ballon d’Or 2013

torres baloon

Bolawow – Balik lagi di rubrik Possible or Not, dimana kita akan membahas fenomena-fenomena yang rumit yang terjadi di dalam dunia persepakbolaan. Kali ini kita akan meneliti dan membahas mengenai kemungkinan seorang Fernando Torres memenangkan penghargaan paling bergengsi sejagat sepakbola yaitu FIFA BAllon d’OR.

Pertama kita akan jelasin tentang apa itu FIFA Ballon d’Or. FIFA Ballon d’Or itu semacem penghargaan buat pemain terbaik di dunia yang diadain tiap tahun. Biasanya sih acara ini digelar di bulan januari, untuk menentukan siapa pemain terbaik pada tahun sebelumnya.  Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil voting dari pelatih dan kapten Tim Internasional, dan juga dari jurnalis dari berbagai belahan dunia. Indonesia juga termasuk lho! satu-satunya orang dari Indonesia yang ikutan voting pada penghargaan ini, yaitu Nurdin Saleh, wartawan senior Tempo. Dia milih Messi sebagai pemain terbaik 2012.

Terus kenapa yang dibahas Fernando Torres? Ya, itu semua karena Torres enak aja buat dibahas. Dia anaknya asik gitu. Apalagi akhir-akhir ini dia kayanya menemukan kembali performanya.  Lagi juga bosen tau bahas Ronaldo ama Messi terus.

Oke, jadi syarat umum untuk menjadi nominasi FIFA Ballon d’Or itu:

1. Berkontribusi Terhadap Prestasi serta Pencapaian Klub/Negara

Torres tahun ini berhasil membawa Chelsea menjadi pemenang UEFA Europa League. Dia mencetak gol di Final lho! Hebat bukan?. Selain itu juga Torres berkontribusi terhadap pencapaian Spanyol yang berhasil menjadi Runner Up Piala Konfederasi. Torres juga berhasil menjadi Top Skorer pada ajang ini dengan 5 gol-nya. Ya walaupun sebenernya 4 gol-nya dia bikin pas Spanyol lawan Tahiti sih. hihihi.

Nah berarti dengan kondisi ini Torres ‘bisa dibilang’ memenuhi syarat lah..

2. Bermain Konsisten Sepanjang Tahun

Selama tahun 2013 Torres sudah mengoleksi 15 gol dari 45 penampilannya bersama Chelsea.  Berarti dia memiliki kemungkinan sebesar 33% untuk menciptakan gol tiap pertandingan. Lah dikit ya? Sebagai seorang striker super sejati seharusnya ia bisa lebih baik nih.

Jadi kayanya dia gak memenuhi syarat ini deh.

3. Masuk Shortlist FIFA Ballon d’Or

Nah ini nih poin yang penting. Sebelum terpilih menjadi pemenang Ballon d’Or para pemain akan diseleksi menjadi 23 orang dimana 23 orang inilah yang nantinya akan dipilih oleh para voters. Nah UEFA ternyata udah merilis nih siapa-siapa aja yang masuk shortlist :

Franck Ribery Bayern Munich France
Arjen Robben Bayern Munich Netherlands
Thomas Muller Bayern Munich Germany
Manuel Neuer Bayern Munich Germany
Philipp Lahm Bayern Munich Germany
Bastian Schweinsteiger Bayern Munich Germany
Lionel Messi Barcelona Argentina
Andres Iniesta Barcelona Spain
Xavi Barcelona Spain
Neymar Barcelona Brazil
Zlatan Ibrahimovic Paris Saint-Germain Sweden
Edinson Cavani Paris Saint-Germain Uruguay
Thiago Silva Paris Saint-Germain Brazil
Cristiano Ronaldo Real Madrid Portugal
Gareth Bale Real Madrid Wales
Mesut Ozil Arsenal Germany
Robin van Persie Manchester United Netherlands
Yaya Toure Manchester City Cote d’Ivoire
Luis Suarez Liverpool Uruguay
Andrea Pirlo Juventus Italy
Radamel Falcao Monaco Colombia
Eden Hazard Chelsea Belgium
Robert Lewandowski Borussia Dortmund Poland

 

Nah ada Torres gak tuh? Gak ada? Coba liat sekali lagi! Masih gak ada kayanya ..

Yaudah berarti kesimpulannya adalah Torres TIDAK MUNGKIN memenangkan FIFA Ballon d’Or 2013. Gitu aja kok repot.

rkb