Petr Cech: Helm yang Selalu Saya Pakai Bukan Buat ‘Gaya-gayaan’

Bukan maksud nyindir nih, tapi lain dengan Neymar, Cech punya alasan sendiri kenapa ia suka mengenakan hiasan di kepalanya.

Bandana NeymarKita semua pada umumnya tau kalo helm yang selalu dan gak pernah lupa dipake oleh Cech setiap pertandingan bertujuan sebagai alat pengaman. Tapi kan ini udah bertahun-tahun gitu sejak cedera yang ia alami, masa masih aja dipake sih?

Oke, Petr Cech menjelaskan fenomena dalam hidupnya ini pada Tydan. Ia dengan jujur mengatakan kalo sebetulnya helm yang ia pake cukup mengganggu, bahkan bisa mempengaruhi performanya.

Lah terus kenapa masih aja dipake?

Untuk menjelaskan hal ini, mari kita kembali ke masa lalu!

Balik ke tahun 2006, saat momen pada video di atas terjadi, hidup Cech berada dalam kondisi krisis setelah tengkorak kepalanya retak akibat bertabrakan dengan winger Reading, Stephen Hunt.

Cech segera menjalani operasi, lalu sehabis itu ia mulai memperkenalkan helm yang sampe sekarang identik dengan dirinya.

Hidup berjalan, musim berganti, tapi efek dari benturan pertama terus menghantui Cech. Pada tahun 2011 ia kembali mendapat cedera kepala pada saat Chelsea jumpa Fulham.

Petr_Cech_1585491c

Oleh karena itu, maklum jika Cech menganggap helm karet gerinjil-gerinjil berwarna hitam yang selalu menempel di kepalanya merupakan salah satu jimat dalam pertandingan.

“Anda tau hal buruk yang pernah terjadi, ketika saya kembali dari cidera pada saat pertandingan melawan Liverpool…Tiba-tiba saya saya sepenuhnya merasa pusing. Tapi sekarang saya sudah terbiasa.

“Saya akan merasa lebih percaya diri jika saya melepasnya. Suka atau tidak, saya merasa berbeda ketika mengenakan helm. Kuping anda tertutup, pendengaran terganggu.

“Dokter melarang saya melepas helm, dan jika saya melakukannya, maka saya tak punya pelindung. Jadi saya tak memikirkannya. Di sisi lain, pada saat saya mengenakan helm, saya dua kali mengalami gegar otak. Saya tak ingin membayangkan apa yang akan terjadi jika saya tak menggunakan helm.”