Pelatih Dikartu Merah Wasit Karena Manggil Pemain Dengan Nama Samaran

Lah kok bisa?

Cerita yang agak aneh ini terjadi di Portugal. Juvenal Brandao yang merupakan pelatih tim dari non-league, FC Lordelo diusir keluar lapangan karena mengeluarkan kata-kata yang dinilai rasis.

Wasit mendengar sang pelatih mengucapkan “Get closer to black” (Mendekat pada Black) pada seorang pemain bertahan. Wasit menganggap sang pelatih menyuruh seorang bek untuk menempel ketat striker lawan yang kebetulan memiliki warna kulit hitam.

Padahal eh padahal, maksud sang pelatih adalah agar bek tengah merapatkan barisan. Black itu merupakan nama samaran dari Preto, salah satu pemain bertahan lainnya. Preto sendiri merupakan Bahasa Portugal untuk Black.Seperti inilah penuturan Brandao seperti dilaporkan Jornal de Noticias:

“Awalnya saya tak sadar dengan apa yang terjadi, tapi hakim garis memberitahu saya. Permasalahan terjadi karena striker Valdares, Rene, berkulit hitam.

Saya coba menjelas kan bahwa ‘Black’ adalah nama pemain saya, tapi tiba-tiba saya melihat wasit menghampiri saya dan memberikan kartu merah.”

Brandao sendiri rencananya akan mengajukan banding pada federasi terkait supaya hukuman kartu merah untuknya bisa dicabut.

tumblr_inline_mm9fbkIkbL1qz4rgp