Ousman Manneh Pemain Bremen Asal Gambia Pertama yang Cetak Gol di Bundesliga

Tak terlalu banyak yang memperhatikan pertandingan akhir pekan lalu saat Werder Bremen mengalahkan Bayer Leverkusen dengan skor 2-1.

Hal yang spesial dari pertandingan di Weserstadion tentunya adalah aktor kemenangan tuan rumah dimana gol kemenangan dicetak oleh Ousman Manneh di menit ke-60.

 

Mengapa Ousman Manneh spesial? Karena…

  1. Dia berhasil bermain di pentas tertinggi Jerman hanya setelah dua tahun tiba dengan status sebagai pengungsi. Selama 17 tahun Manneh tinggal di Gambia hingga akhirnya sadar hanya sepakbola yang bisa menyelamatkan keluarganya.
  2. Maneh mengambil jalur pengungsian berbahaya dari mulai Bagian Barat Sahara, Senegal, Libya, dan Italia sebelum berakhir di Jerman.
  3. Maneh mengikuti trial dan masuk tim muda divisi lima Jerman, Blumenthaler dimana ia mencetak 15 gol dari 11 penampilan pada tahun 2014. Tahun berikutnya Maneh masuk skuat cadangan Werder Bremen.
  4. Maneh baru empat kali membela tim senior Werder Bremen kemudian berhasil menjadi pesepakbola asal Gambia pertama yang menjadi pencetak gol di Bundesliga.

Seperti dikutip Bundesliga.com, berikut penuturan pemuda 19 tahun tersebut:

“Saya tak percaya ini terjadi. Apa ini nyata atau saya sedang bermimpi? Ini adalah momen terbesar dalam hidup saya.

Sulit menyatakan emosi saya, saya sangat bangga menjadi pesepakbola pertama Gambia yang bermain pada empat laga Bundesliga, dan sekarang saya bangga menjadi yang pertama mencetak gol.”