[Opini] Nasib Timnas Inggris Berada di Tangan Raheem Sterling

Inggris memang bukanlah kandidat kuat juara Piala Dunia yang tinggal beberapa hari lagi. Alih-alih memikirkan cara untuk menjuarai turnamen ini, menurut kita Hodgson lebih baik memikirkan cara agar Inggris dapat tampil sebaik mungkin supaya terhindar dari bahan cengan.

Liat aja coba, dua hasil imbang pada 2 laga persahabatan terakhir cukup untuk membuat Rooney dkk diprotes oleh suporter mereka sendiri. Ya wajar sih para fans rada meradang wong lawan yang dihadapi cuma Ekuador dan Honduras. Tim yang seharusnya bisa mereka kalahkan.

Terus apakah Inggris harus menyerah begitu saja pada Piala Dunia nanti? Jelas tidak! Tergabung di grup neraka bersama Italia, Uruguay, dan Kosta Rika, Inggris masih memiliki sepercik harapan. Ya minimal lolos dari fase grup lah.

Raheem Sterling merupakan senjata yang bisa mereka manfaatkan. Walaupun rambutnya rada alay, tapi pemuda energik ini memiliki peluang besar untuk mendongkrak penampilan Inggris. Lupakan Rooney, Gerrard, apalagi Welbeck yang kita yakini bakal bermain standar-standar aja pada kompetisi elit nanti.

Sterling musim ini 33 kali tampil di Liga Inggsris bersama Liverpool, menciptakan 9 gol dan 5 asisst.

Kemampuan Sterling dalam mengobrak abrik pertahanan lawan harus dimaksimalkan Roy Hodgson. Sterling sangat lihai dalam melakukan pola serangan balik, kemampuannya meliuk-liuk berlari melewati pemain lawan sudah seperti waria yang sangat gesit menghindari kejaran satpol PP.

Mobilitas pergerakan Sterling tentu akan lebih baik jika Hodgson menempatkan para pemain Liverpool lainnya dalam skuad inti. Gerrard, Henderson, dan Sturridge tentunya akan lebih mengerti tentang pergerakan Sterling dibanding pemain lainnya.

Selain itu Hodgson juga bisa memanfaatkan Sterling sebagai pemain pengundang. Pengundang lawan dalam melakukan pelanggaran. Betis dan kaki sterling yang belum sekokoh semen 3 roda membuat ia menjadi pemain dengan tipe senggol dikit jatoh. Nah melalui set-piece yang tercipta inilah Hodgson bisa memanfaatkan akurasi tendangan Gerrard atau Rooney untuk membobol gawang lawan.

Intinya sebagai Negara dengan Liga Domestik yang paling kompetitif, Inggris harus membuktikan kalo mereka bisa. Sterling merupakan suatu alternatif yang bisa menjadi jawaban atas melempemnya performa Timnas Inggris.