Olympic Stadium ‘Dikontrak’ West Ham Selama 99 tahun

Jika beberapa hari yang lalu kita diberikan kabar dari klub-klub Spanyol yang berlomba merenovasi/membangun stadion baru, kali ini kabar seruapa datang dari London, Inggris.

Berawal dari bakal dilepasnya hak kepemilikan Olympic Stadium pasca Olimpiade 2012, 2 klub besar BPL yakni Tottenham Hotspur dan West Ham United berebut untuk menggunakan dan merenovasi stadion megah tersebut.

Saat tawar menawar tender, West Ham United menang, tapi Spurs kemudian mengajukan banding yang kemudian mereka memenangkan banding dan hak atas Olympic stadium. Pihak SpursĀ  bahkan sudah membuat bentuk baru dari Olympic Stadium jika mereka memenangkan banding:

AEG_&_Tottenham_Hotspur_Olympic_Stadium

Di tengah jalan, pihak Spurs mundur karena mereka telah mendapat sponsor untuk membangun stadion baru. Pihak West Ham kembali memegang hak, namun banyak klub olahraga yang juga mengajukan banding.

Akhirnya setelah maen bandring-bangringan, di bulan Maret 2013 pihak West Ham mengajukan penyewaan, sekaligus resmi menyewa Olympic Stadium sebagai kandang The Hammers mulai dari tahun 2016 sampai 99 tahun berikutnya dengan biaya penyewaan 2,5 juta Poundsterling/tahun. Berikut Olympic Stadium dengan desain milik West Ham United:

West_Ham_United_&_Newham_Council_Olympic_Stadium

Olympic Stadium ini merupakan stadion terbesar di London loh! dengan kapasitas 80.000 penonton, mengalahkan Emirates (Arsenal) yang memiliki kapasitas sekitar 60.000. Eh sebentar, ternyata jika West Ham benar-benar menggunakan Olympic stadium sebagai kandangnya pada 2016 nanti, maka mereka akan menjadi klub sepakbola dengan stadion terbesar di Inggris. Sejauh ini Old Traffor (kandang MU) masih menjadi stadium terbesar klub sepakbola di Inggris dengan kapasitas 75.000 penonton.

Keren banget nih West Ham, keren!