Kegiatan-Kegiatan yang Dapat Dilakukan Para Manajer Saat Sedang Menganggur

Kali ini Bolawow akan menguak suatu hal yang gak  penting-penting banget tapi banyak dipertanyakan oleh halayak tentang seorang manajer, yaitu mengenai kegiatan yang dilakukan para manajer klub sepakbola ketika sedang menganggur alias tidak melatih sebuah klub.

Pekerjaan sebagai pelatih atau manajer klub sepakbola khususnya di Eropa, memang pekerjaan yang paling beresiko dan rawan pemecatan. Pemecatan terkadang dilakukan seakan tidak melihat waktu dan hasil. Jangankan sedang terpuruk, saat performa tim sedang bagus pun manajer bisa saja mendapat surat pemecatan.

Pertanyaan sontak muncul dipikiran para penggila sepakbola, kegiatan apakah yang dilakukan manajer pasca dipecat dan belum melatih klub baru? Berikut Bolawow akan mencoba menjawab pertanyaan ‘absurd’ tersebut.

1. Jadi Komentator

Mungkin ini adalah pekerjaan yang paling banyak diambil oleh para manajer bahkan seorang pesepakbola setelah menjadi freelance atau pasca pensiun. Jika biasanya permainan mereka dinilai orang, maka kali ini mereka harus menganalisa dan menilai permainan klub orang lain di depan kamera.

2. Nonton Pertandingan Bola

article_img

Di akhir pekan para manajer yang lagi nganggur biasanya suka pada nonton pertandingan-pertandingan bola langsung di stadion. Selain menyalurkan hobi nonton bola, mereka juga bisa menghindari celotehan bini mereka, yang bawel karena bosen ngeliat suaminya kelamaan jadi pengangguran.

3. Main FM (Football Manager)

Football-Manager-2014-blade-1024x636

Game yang mengajarkan dan menuntut kita untuk menjadi seorang manajer sepakbola yang handal ini adalah kemungkinan berikutnya. Sebelum kembali melatih tim, para manajer sepertinya bisa memilih bermain FM demi melatih skill kepelatihan sambil mencari wonderkid baru.

4. Jadi Bintang Televisi

Jika memiliki tampang menjual sepertinya berakting di depan kamera bukanlah suatu pilihan yang buruk. Melalui casting di salah satu manajemen penyalur bakat, para manajer berstatus ‘freelance’ masih bisa eksis di layar kaca dengan bermain di sebuah sinetron / film, bintang iklan, host acara musik pagi ataupun menjadi peserta [masih] dunia lain. AVB, Paulo Di Canio dan Sir Alex sepertinya cocok mengambil pekerjaan ini.

AVB_new-job

5. Berkicau di Sosial Media

Sosial media memang alat untuk menemani kesepian seseorang. Berkicau layaknya orang tenar di twitter, selalu update dalam kesibukan di Path, dan aktif mengupload foto selfie ke instagram mungkin bisa dilakukan seorang manajer dikala nganggur. Bahkan menjadi lebih baik ketika sang manager sekalian dagang jersey KW, lumayan lah labanya bisa buat beli paket internet.

6. Jadi Penonton Alay

Jika tak ada lagi kegiatan yang cocok coba deh hubungin  Ely Sugigi manajemen untuk menjadi penonton alay. Jika dibayar 50 ribu/acara kan lumayan tuh! yang penting kan dapur tetap ngebul.

Itulah beberapa pekerjaan yang kemungkinan diambil jika seorang manager dipecat. Kalo kata Ustadz Hariri, selama pekerjaan itu halal, tidak masalah untuk kita ambil.