in

Kaleidoskop Ligue 1 2013

kaleidoskop FPL

Tak terasa satu tahun telah kita lewati. Jika berbicara flashback di Liga Perancis, sepanjang tahun 2013 ini memang banyak sekali perubahan yang terjadi. Banyaknya perubahan yang terjadi di Ligue 1 sama hal nya dengan yang terjadi di La Liga.

Perputaran banyaknya nominal uang adalah kesamaan Ligue1 dan La Liga di tahun 2013. Namun perbedaannya adalah persaingan di Perancis lebih kompetitif ketimbang sepakbola Spanyol. Liga Perancis pun tak kalah dalam menghasilkan pemain-pemain berbakat. Namun sayang Ligue1 kurang menarik perhatian penonton di negara kita.

So, apa saja kejadian di Ligue1 sepanjang 2013? Cekibrott!

1. Datangnya David Beckham

david_beckham_psg_-_thesun-co-uk

 

Awal Februari Ligue1 kedatangan pesepakbola tersohor di dunia, David Beckham. PSG mengkontrak Beckham selama 5 bulan, dimana seluruh gaji yang Beckham terima selama di Perancis akan didonasikan untuk anak-anak. PSG adalah klub yang beruntung sempat menikmati jasa pemain yang memiliki free kick mematikan ini. Hal tersebut juga berdampak juga pada naiknya pamor Ligue 1 di Eropa.

2. PSG Menjuarai Ligue 1

Beckham helped PSG win the league

Paris Saint-Germain menjuarai Ligue1 musim 2012/2013 dibawah komando Carlo Ancelotti sejak 1994 silam. Perayaan meriah pun dilakukan dibawah menara Eiffel.

3. Pensiunnya David Beckham

bechkam pensiun

Pada may 2013,  setelah PSG berhasil menjuarai Ligue 1, Beckham akhirnya menyatakan untuk pensiun. Sang mega bintang dunia, David Beckham memainkan partai terakhir dalam karir sepakbolanya saat PSG melawan Stade de Brest di Paris. Beck’s yang malam itu menjadi kapten, ditarik keluar pada menit ke-28 digantikan oleh Ezequiel Lavezzi. Rasa haru pun menyelimuti stadion sampai-sampai sang bintang menitikan air mata di Paris, malam itu.

4. Fabrizio Ravanelli Menjadi Pelatih Singkat AC Ajaccio

ravanelli

Legenda Italia, Fabrizio Ravanelli ditunjuk untuk membesut AC Ajaccio pada 08 Juni 2013 dengan kontrak 2 tahun. Namun malang baginya, tim yang ia besut AC Ajaccio mengalami kemunduran secara signifikan. Dari 12 laga yang dijalani Ajaccio hanya berhasil menang satu kali. Alhasil sang manajer yang baru aja dipekerjakan selama 5 bulan harus dipecat  pada 02 November 2013.

5. Kembalinya AS Monaco

radamel-falcao-600x425

Memasuki musim 2013/2014, PSG punya pesaing sebagai  klub kaya raya yakni, AS Monaco. Klub yang dibeli oleh Miliarder Russia ini langsung berbenah dengan merekrut Ricardo Carvalho, Joao Moutinho, James Rodriguez, dan legenda hidup Perancis, Eric Abidal. Satu nama yang menjadi pusat perhtian adalah Radamel Falcao dari Atletico Madrid seharga 52 juta Pounds.

Walaupun PSG dan AS Monaco memiliki skuad paling mewah, hal tersebut tidak akan mematikan persaingan di Ligue1. Semua tim punya peluang meraih gelar di Ligue1. Namun, se-seru apapun Ligue1, tetap aja kalah pamor dengan JAV dan 3gp di negara kita.

MATA SAD

Alasan Kenapa Juan Mata Marah-Marah Saat Diganti

FAGgge

Transfer Besar Klub Spanyol Yang Mungkin Terjadi Pada Januari