The Rising Star: Pesona Seorang Jean Dongou Tsafack

Selamat datang di rubrik “Rising Star”, rubrik yang akan menguak para calon bintang sepakbola Eropa. Kali ini bolawow mau membahas salah satu talenta emas dari La Masia, Jean Dongou.

Jean Marie Dongou Tsafack, striker kelahiran Douala, Kamerun 20 April 1995 (18 tahun) ini sudah bergabung dengan akademi sepakbola Barcelona pada 2008 saat usianya baru menginjak 13 tahun. Dongou adalah produk La Masia yang datang dari sekolah sepakbola (SSB) Samuel Eto’o Foundation cabang Kamerun.

2014-01-28_RENOVACIO_DONGOU_003.v1390934286

Pada musim 2012/2013 ia resmi membela Barcelona B yang berkompetisi di Segunda Division (Kasta kedua liga Spanyol). 28 januari 2012 ia melakukan debut untuk Barca B saat menghadapi SD Huesca.

Setelah tampil impresif, pada tanggal 6 Desember 2013 Dongou Mendapat pesan WhatsApp dari Tata Martino untuk melakukan debutnya di tim Barcelona senior saat menghadapi FC Cartagena di ajang Copa Del Rey. Kesempatan emas tersebut ia manfaatkan semaksimal mungkin, Dongou langsung mencetak gol di partai debutnya tersebut.

2013-12-06_CARTAGENA-BARCELONA_30-Optimized.v1386373305

Kalo diliat dari gaya rambutnya, kayanya untuk saat ini Dongou masih sering nyukur di pangkas rambut pinggir jalan. Namun kita yakin seiring berjalannya waktu dan uang, ia akan menata rambutnya dengan baik. Ya minimal kayak si tampan Alex Song lah.

Walaupun namanya “Dongou”, tapi sesungguhnya dia gak “dongo” kok. Berikut statistik penampilan Jean Marie Dongou  di Barca sampai hari ini.

Primera División – 13/14

primera division statJean Marie Dongou menjadi bagian dari line up Barcelona sebanyak 4 kali. Dia gak pernah masuk starting line up dan cuma sekali main selama 7 menit. Sisanya yang ia lakukan hanya planga-plongo di bangku cadangan.

Segunda División – 13/14

segunda division stat
Dongou menjadi bagian dari line-up sebanyak 14 kali. Dia berada pada starting line-up sebelas kali, sebagai pemain pengganti 2 kali, dan planga-plongo di bangku cadangan 1 kali.

Champions League – 13/14

champions league statsNah disini nih Dongou beraksi! Dia gak suka sama yang lokal-lokal, jadi ia lebih suka tampil pada taraf kompetisi internasional. Dari 11 menit ia berada di lapangan, dia berhasil mecetak 1 gol.

Copa del Rey – 13/14

copa del rey statsDongou mencetak 1 gol dari laga mudah Barcelona melawan FC Cartegena.

 

Nah jadi itulah profil ‘rising star’ kita yang satu ini. Berdoa aja semoga ia menjadi di next Samuel Eto’o di Barcelona.

Sumber statistik: transfermarkt.co.uk