Fifa telah mengumumkan 5 kandidat calon peraih penghargaan kiper terbaik tahun ini. Satu kiper terbaik nantinya akan berdiri bersama 10 pemain terbaik lainnya sebagai peraih FIFPro Award XI. 

Kelima kiper tersebut, diantaranya Claudio Bravo, Gianluigi Buffon, Iker Casillas, Manuel Neuer, dan Thibaut Courtois

Siapa yang lebih pantas? Siapa yang lebih layak? Siapa yang lebih berhak?

Untuk menilainya, pertama-tama mari kita lihat prestasi serta cuplikan penyelamatan masing-masing kandidat:

1. Claudio Bravo

Prestasi Bravo yang jadi penilaian sebenernya cuma bermain bagus bersama Real Sociedad, lalu gemilang di Piala Dunia bersama Chili, dan tampil menakjubkan dengan 7 kali clean sheet berturut-turut bersama Barcelona.

Hemm, menurut kita sih berat bagi Bravo untuk memenangkan penghargaan ini. Tapi seengaknya dia masuk shortlist lah ya!


2.  Gianluigi Buffon

Tua-tua keladi, makin tua makin menjadi, menjadi ubanan sih yang jelas. Tapi enggak, enggak, Buffon ini makin tua makin mateng kok. Buktinya musim lalu, bersama Juventus, Buffon berhasil mengangkat trofi Serie-A.

Kendati Italia tampil mengecewakan pada Piala Dunia lalu, namun itu bukan lah salah Buffon. Itu adalah salah Balotelli, karena Balotelli lah Italia gugur, karena Balotelli lah Chielini digigit Suarez, pokoknya semua salah Balotelli karena Balotelli lah pemain yang selalu disalahkan.


3. Iker Casillas

Banyak yang mempertanyakan keputusan FIFA memasukkan nama Casillas sebagai nominator. Alasannya jelas, performa buruk Casillas selama bencana Spanyol di Piala Dunia.

Tapi tapi gimana kalo misal kita bilang kayak gini:

“Casillas menjuarai semua kompetisi yang ia ikuti bersama klub musim lalu”

Gak percaya? Musim 2013/2014 Casillas di Real Madrid hanya mendapat jatah bermain di Liga Champions dan Copa del Rey, dan ajaibnya Real Madrid meraih double winners melalui kompetisi tersebut.


4. Manuel Neuer

Manuel Neuer merupakan pemenang penghargaan ini musim lalu, dan kita yakin musim ini juga masih bakalan menjadi milik kiper berusia 28 tahun tersebut.

Alasannya adalah performa konsisten serta keberhasilan Jerman menjuarai Piala Dunia dan Bayern Munchen menjuarai Bundesliga serta DFB Pokal.


5. Thibaut Courtois

Courtois musim lalu menjadi aktor penting dibalik kesuksesan Atletico merengkuh gelar juara La Liga. Udah sih, itu aja prestasi dia, emm dia maen bagus juga sih di Chelsea. Tapi kan ini baru awal musim. Iya kan?

Nah jadi menurut kalian siapa yang pantas memenangkan penghargaan paling bergengsi ini? Kita sih tetep pilih Manuel Neuer.