in ,

In Memoriam: Semusim Tito Villanova Bersama Barcelona

Jumat sore waktu Spanyol akun twitter resmi Barcelona mengumumkan kabar duka bahwa mantan manajer mereka, Tito Vilanova telah meninggal dunia akibat penyakit yang dideritanya.

Sebelum berita ini muncul, pada pagi harinya Tito harus masuk ICU dan sempat melakukan operasi. Segala bentuk cara yang dokter lakukan ternyata tak berhasil, Tito menemui ajalnya yang memang sudah tak terelakan lagi.

Kini sudah tak ada lagi sosok muda inspiratif yang berhasil membawa Barca menjuarai  Liga Spanyol musim 2012/2013.

Nah demi mengingat kembali kiprah Tito selama menjadi manajer Barcelona, berikut kita rangkum momen-momen penting perjalanan karir Tito Vilanova.

1. Ditunjuk Menggantikan Pep

Pep Tito

Saat fans Barca sedang nangis bombay karena ditinggal Pep yang tau-tau ingin berhenti menjadi manajer dan lebih memilih nganggur sementara waktu, ditunjuklah sesosok pelatih muda bernama Tito Vilanova oleh manajemen Barcelona.

Tito yang sebelumnya merupakan asisten pelatih Pep mendapat mandat langsung untuk menukangi Messi dkk pada tanggal 27 April 2012.  Awalnya publik ragu, namun Tito menjawab keraguan semua orang dengan gelar La Liga musim 2012/2013.

2. Rekor 100 Poin

Di musim yang sama, Tito Vilanova mencatatkan namanya dalam buku rekor Barcelona sebagai pelatih Barca pertama yang meraih 100 poin di Liga. Rekor ini berhasil melampaui nama-nama pelatih besar seperti Johan Cruyff , Rijkaard atau bahkan Pep Guardiola sekalipun.

3. Ditoyor Mourinho

Mourinho Toyor Tito

Kejadian inilah awal mula nama Tito Vilanova mulai dikenal publik. Saat ada keributan pada laga El Classico di Camp Nou beberapa musim yang lalu, Tito yang berusaha melerai malah dicolok matanya oleh Jose Mourinho. Entah apa alasannya saat itu yang jelas Mou sendiri langsung meminta maaf dan merasa kehilangan sosok Tito.

4. Mulai Sakit-sakitan

Strategi sakti Tito saat mengattur formasi Barcelona ternyata tak sesakti kesehatan jasmani dirinya sendiri. Pada 19 Desember 2012 Barcelona mengumumkan bahwa Tito menderita kanker kelenjar ludah (Salivary Gland Cancer) untuk kedua kalinya. Pertama kali Tito di diagnosa terkena penyakit mematikan tersebut adalah pada bulan November tahun sebelumnya.

Sejak pengumuman penyakit itu lah Tito mulai sering sakit-sakitan dimana ia lebih sering bolak balik ke dokter dibanding menemani  skuad Barcelona berlatih.

5. Pengumuman Pensiun

Karena alasan kesehatan yang sudah tidak memungkinkan bagi dirinya untuk menjalani tugas sebagai pelatih sebuah klub, Tito akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri pada 19 Juli 2013. Isak tangis mewarnai perpisahan Tito dengan para staff dan karyawan Barcelona pada saat itu.

“Sedih mas, Pak Tito orangnya itu baik banget” ucap petugas pemotong rumput Camp Nou saat kita wawancara melalui mata batin.

Inilah surat terakhir Tito untuk para perangkat Barcelna:

BmFTu1AIIAALhfq

Udah jangan sambil nangis gitu bacanya, nih kita pinjemin bahu buat bersandar (khusus cules angel).

RIP VILANOVA

Ucapan Bela Sungkawa Para Pesepakbola Atas Meninggalnya Tito Vilanova

Nike4

Hebohnya Iklan Terbaru Nike