Ibas Yudhoyono Kenakan Jersey FC Koln! Fans Berat?

A photo posted by Ani Yudhoyono (@aniyudhoyono) on

Empat hari yang lalu Ibu Ani Yudhoyono memposting sebuah gambar di Instagram dengan caption ‘Empat Generasi’. Dalam foto tersebut terdapat sang suami sekaligus Presiden keenam RI, Pak SBY, Ibas atau Edhie Baskoro Yudhoyono, sang cucu atau anaknya Ibas, serta sang ibu mertua.

Netizen ramai mengomentari Ibas yang tak memakai seragam resmi tangan panjangnya. Katanya tuh ini merupakan pertama kalinya foto Ibas mengenakan baju serta celana pendek tersebar ke media.

Tapi, yang bikin kita tertarik adalah kaos yang dikenakan Ibas. Itu kan jersey kandang FC Koln musim 2015/2016. Kenapa Ibas memakainya? Kenapa anaknya Ibas juga memakainya? Kenapa FC Koln? Kenapa bukan tim yang lebih familiar kaya Real Madrid, Barcelona, Arsenal, Chelsea, atau Manchester United? Kenapa?

Karena penasaran kita coba terlusuri riwayat pendidikan Ibas. Dan fakta di wikipedia mengatakan kalo dia gak pernah menimba ilmu di Jerman. Ibas juga tak pernah dilaporkan pernah tinggal menetap di Jerman. Cuma pada tahun 2008-2009 sang kakak, Agus Harimurti Yudhoyono pernah mengikuti kegiatan International Summer Course di Jerman. Hubungan sang ayah sewaktu menjabat sebagai Presiden kepada Jerman juga tergolong biasa-biasa aja. Bahkan, warna dasar Partai Demokrat dengan FC Koln juga jauh berbeda.

Ibas FC Koln 2
Partai Demokrat memiliki warna dasar BIRU, sementara FC Koln MERAH

Twitter resmi Ibas @Edhie_Baskoro juga gak pernah bahas FC Koln. Tweet yang mencantumkan nama Jerman juga gak ada hubungannya sama FC Koln.

Ibas Yudhoyono
Tweet Ibas tentang Jerman gak ada bahas tentang FC Koln

Jadi, apakah Mas Ibas ini fans berat FC Koln? Hmmm, sepertinya sih kemungkinan besar IYA. Tapi kenapa FC Koln dan bukan tim lain maka itu masih menjadi sebuah misteri!