Hal-Hal yang Membuat Bosnia-Herzegovina Berhasil Lolos Ke Piala Dunia 2014

gfhgf

Bolawow – Dikala beberapa Negara besar seperti Swedia, Denmark, ataupun Ceko gagal meraih tiket ke Brazil, Negara yang kurang familiar seperti Bosnia-Herzegovina justru berhasil lolos. Ini merupakan pertama kalinya Bosnia-Herzegovina tampil di ajang sebesar Piala Dunia, ciee.

Pasti kamu bertanya-tanya dong kenapa sih, Bosnia-Herzegovina ini bisa lolos! nyogok ya?. Hush ngawur,  ya yang jelas sih mereka berhasil memenuhi persyaratan lolos yang telah ditentukan FIFA dong. Mereka berhasil menjuarai kulifikasi Grup G zona Eropa lho. Nah itu lah yang bisa membuat mereka lolos secara otomatis tanpa harus melakukan Play-Off. Mereka itu bisa jadi juara grup dan lolos ke Piala Dunia 2014 ini tuh disebabkan oleh faktor-faktor di bawah in:

1. Bersaing di Grup yang Menguntungkan

Ini adalah salah satu hoki yang didapat Negara berpenduduk sekitar 438.433 jiwa ini. Mereka terdapat di grup dimana semua anggotanya merupakan Negara yang tergolong bukan Negara besar (dalam hal sepak bola ya). Tercatat hanya Yunani yang merupakan saingan terberat Bosnia-Herzegovina. Sisanya cuma kaya tim-tim cere gitu deh, ini tim cere kalo dibandingin ama Tim Eropa lain ya.  Slowakia, Latvia, Lithuania, Liechtenstein, dan Yunani merupakan saingannya dalam berburu tiket ke Brazil.

2. Bermain Konsisten

Dengan berada di grup yang menguntungkan, sudah jelas ini merupakan peluang besar bagi Bosnia untuk lolos. Peluang ini mereka wujudkan dengan bermain konsisten sepanjang babak kualifikasi. Dari 10 pertandingan yang mereka jalani mereka berhasil menang 8 kali, seri 1 kali, dan kalah 1 kali. Yang lebih istimewanya lagi mereka mencetak 30 gol dan 6 kali kejebolan. Dimana artinya mereka mencetak 3 gol tiap pertandingan.

3. Mempunyai Pemain berlabel ‘bintang’

Sulit rasanya memenangi sesuatu tanpa ada seorang pun pemain bintang. Nah ternyata Bosnia-Herzegovina ini mempunyai beberapa pemain bintang, diantaranya:

– Edin Dzeko

Edin-Dzeko-Norwich-Manchester-City-Premier-Le_2879451
Edin Dzeko merupakan mantan pemain Wolfsburg yang sekarang bermain untuk Manchester City. Menjadi pemain yang sangat berkontibusi membawa City juara EPL di musim 2011-2012, dengan mencetak salah satu gol ‘drama’ penetu kemenangan 3-2 City atas QPR pada pertandingan terakhir EPL. Musim ini Dzeko harus rela berhimpit-himpitan dengan banyaknya striker yang dimiliki oleh City. Di ajang Kualifikasi Piala Dunia sendiri, Dzeko berhasil mencetak 10 gol, salah satu pencetak gol terbanyak di ajang Kualifikasi ini.

– Miralem Pjanic

Miralem-Pjanic-Roma_2890082
Pjanic bermain untuk salah satu tim ibukota asal Italia, AS Roma. Menjadi salah satu pemain penting di AS Roma, Pjanic musim ini telah mencetak 3 gol untuk tim ‘srigala ibukota’ tersebut . Gelandang serang berbakat asal Bosnia ini baru berumur 23 tahun lho. Duetnya bersama sang senior Misimovic, berhasil membuat kerja para striker Bosnia, Ibisevic dan Dzeko, menjadi lebih mudah.

-Asmir Begovic

3164932.png
Kiper asal Stoke City ini merupakan salah satu kiper terhebat di Premier League. Banyak diisukan pindah ke klub besar seperti Manchester United, Chelsea, dan Arsenal, namun nyatanya itu cuma gosip belaka. Beberapa waktu lalu ia sempat menciptakan gol sensasional dari kotak penaltinya sendiri, ketika Stoke City menjamu Southampton.

– Vedad Ibisevic

vedad-ibisevic

Striker haus gol berusia 29 tahun ini sekarang bermain bersama Stuttgart setelah sebelumnya menjalani 5 musim indah bersama Hoffenhaim. Musim ini ia telah mencetak 7 gol dari 10 penampilannya bersama Stuttgart. Di Bosnia sendiri ia bersanding dengan Edin Dzeko dan menjadi duet yang cukup berbahaya. Ibisevic mencetak 8 gol selama babak kualifikasi.

rkb