Hikmah Yang Dapat Diambil Dari Gagalnya Timnas Menjuarai Sea Games 2013

timnas-u23-2

Bolawow – Udah lah ambil hikmahnya aja! Yap, mungkin itu yang sering diucapkan setelah kita mengalami suatu kejadian yang gak ngenakin.

Itu juga berlaku buat Timnas Indonesia yang gagal menjuarai Sea Games 2013, setelah takluk di final melawan Thailand dengan skor 1-0. Timnas terpaksa hanya mendapat medali perak untuk kedua kalinya secara berturut-turut. Tapi, yaudah lah gak usah galau total gitu , ambil hikmahnya aja kali:

1. Emang Thailand Mainnya Lebih Bagus

Sejak awal kompetisi, Thailand bermain bagus dan konsisten. Indonesia waktu masih di fase grup kan juga pernah dibantai 4-1 sama Thailand. Pada kompetisi Sea Games ini, Thailand sama sekali gak pernah terkalahkan. Ramuannya ya, koordinasi lini per lini mereka itu berjalan mulus, ya walau gak semulus SPG-SPG mobil sih.

spg WOWOOWOWO

2. Timnas Sudah Bermain Secara Maksimal

Kendati cuma menjadi runner-up, kita harus mengapresiasi perjuangan para pemain Timnas. Mereka telah mengeluarkan seluruh kemampuan jiwa dan raga demi mengharumkan nama baik Bangsa Indonesia.

3. Berhasil Mengalahkan Malaysia

Sebagai musuh abadi (dalam sepakbola), terdapat kepuasan tersendiri ketika Timnas kita berhasil mengalahkan Malaysia. Menangnya juga menang pinalti sih! Tapi gak papa lah masyarakat juga udah seneng banget dengan hasil tersebut. Bagi kita, ini adalah momen buat ‘ngecengin’ negara tetangga.

4. Sampo Anti-Ketombe Tidak Membuat Para Pemain Jago Nyundul

Banyaknya peluang Timnas dari tendangan pojok pada laga Final ini, tak ada yang berbuah menjadi  gol. Padahal sampo ‘kelir’ udah menjadi offisial sponsor. Ini membuktikan bahwa sampo yang digunakan tidak mempengaruhi akurasi sundulan pemain Timnas.

Jadi dari semua alasan di atas, mungkin emang kita lebih layak dapet perak. Gak usah nyalahin coach RD, Andik, atau pemain lain. Salahin noh para jomblo yang kerjaanya minta ujan mulu pas malem minggu.