Dapatkah Indonesia Menaturalisasi Januzaj ?

Bintang muda Manchester United, Adnan Januzaj, sedang galau memutuskan Negara mana yang akan ia bela nantinya. Seperti yang banyak di beritakan, beberapa Negara berebutan merayu Janujaz untuk dapat bermain di Timnas mereka.

Seperti yang sama-sama kita tahu, Indonesia yang juga sama-sama kita cintai ini merupakan Negara yang cukup sering melakukan naturalisasi pemain. Irfan Bachdim, Cristian Gonzales, dan Van Djik merupakan beberapa contoh pemain yang berhasil dinaturalisasi. Berangkat dari hal inilah, Bolawow ingin meneliti “apakah Indonesia dapat ikut berburu merayu Januzaj untuk dapat bermain di Timnas Indonesia?”

Oke langsung aja, ini merupakan perjalanan hidup seorang Adnan Januzaj:

– Januzaj ini lahir tahun 1995, di Brussel, Belgia

– Papah Mamah si Januzaj merupakan keturunan Albania dan Kosova

– Bermain di Anderlecht (klub asal Belgia) dari 2005-2011

– Pindah ke Manchester United (klub Inggris) pada tahun 2011 dan hingga kini masih menjadi pemain United.

Persyaratan

Berdasarkan peraturan FIFA, syarat sebuah Negara dapat menaturalisasi pemain itu (secara singkat):

1. Pemain yang bersangkutan sudah tinggal di Negara yang berniat merekrutnya. Tinggalnya gak sehari dua hari lho ya! pokoknya udah bertahun-tahun gitu deh yang jelas. Contohnya adalah Christian Gonzales yang udah tinggal lama di Indonesia, saking betahnya dia ampe nikah ama orang Indonesia.

2. Pemain juga dapat dinaturalisasi oleh suatu Negara ketika ia mempunyai garis keturunan dari Negara yang bersangkutan. Syarat pertama di atas bisa diabaikan kalo si pemain memenuhi syarat yang kedua ini. Contoh nyatanya adalah Irfan Bachdim yang tiba-tiba dinaturalisasi padahal sebelumnya kita gak pernah tahu siapa dia. Hal ini dapat terjadi karena ternyata babeh nya Bachdim orang Indonesia.

3. Syarat terakhir adalah pemain yang bersangkutan belum pernah membela Timnas senior manapun. Ini sih cukup jelas ya!.

Nah, berdasarkan persyaratan di atas, dimana, Januzaj gak memiliki darah bangsa Indonesia sama sekali, gak pernah tinggal di Indonesia juga, dan yang terpenting adalah gak bakalan mau juga orangnya. Maka dengan ini kita simpulkan bahwa “Apakah Januzaj dapat bermain untuk Timnas Indonesia?” jawabannya adalah:

TIDAK

Sebagai tambahan Januzaj ini bisa direkrut oleh Belgia (Negara tempat ia lahir), Albania / Kosova (garis keturunan orang tua), Serbia (Kosova bagian dari Serbia), Inggris (andai Januzaj tinggal di Inggris lebih lama lagi).