Cerdas atau Ga Sah? Lewandowski Ciptakan Penalti Kontroversial ke Gawang Denmark

Polandia sukses mengalahkan Denmark pada Kualifikasi Piala Dunia dengan skor 3-2. Kemenangan kubu Polska tak kurang dan gak kurang lagi adalah karena aksi sang kapten Robert Lewandowski yang memborong TIGA gol.

Satu gol Lewandoski ternyata mengandung unsur kontroversi. Pemain andalan Bayern Munchen tersebut melakukan sesuatu yang tak biasa saat mengeksekusi penalti. Lewandowski mengurangi kecepatan ancang-ancang secara signifikan sebelum menyodok bola ke dalam gawang.

Kiper Denmark, Kasper Schmeichel jelas tak senang. Dia langsung protes kepada wasit karena motion lambat Lewandowski jelas berpengaruh terhadap antisipasinya. Namun, tak ada hal positif yang didapat sang kiper Leicester selain kartu kuning.

Perdebatan jelas merupakan sesuatu yang terjadi usai pertandingan karena peraturan International Football Association Board (IFAB), pada pasal 14 menyatakan bahwa seorang pemain dilarang berhenti dan menipu setelah berlari.

lewandowski-dan-hukum-tendangan-penalti
Peraturan yang katanya dilanggar Lewandowski (Jangan Males! Zoom kalo ga keliatan)

Sementara beberapa menilai gol ini harusnya tidak sah, beberapa lainnya menganggap Lewandowski tak melanggar peraturan. Lewa ini bukan tukang tipu, dia ini ga berenti, dia cuma memperlambat gerakan majunya, sehingga sang kiper bergerak lebih dulu sebelum tau kemana bola diarahkan.

Apapun pendapat kamu, yang jelas, gol ini udah terlanjur sah! Jadi ya ga bakal ada pengaruhnya juga sih berdebat sampe berbusa.