Bursa Transfer Januari: Pembelian Terbaik, Terambisius, Termahal, Ter-PHP, dan Tertikung

Bursa transfer pemain pertengahan musim sudah ditutup beberapa hari lalu. Klub ,pemain, agen, serta para calo  harus puas dengan apa yang telah terjadi.

Banyaknya transfer menarik yang terjadi dari berbagai Liga di Eropa Januari lalu, tentu saja menarik perhatian para awak media untuk ikut mengomentari, termasuk bolawow yang sudah merangkum pembelian terbaik, terambisius, termahal, ter-PHP, serta tertikung yang telah terjadi selama bursa transfer musim dingin silam.

1. Pembelian Terbaik

sidney_sam

Sydney Sam, Bayer Leverkusen -> Shalke, €2.5 juta

Pada 8 Januari 2014, Leverkusen dan Schalke mencapai kesepakan mengenai kepindahan gelandang Timnas Jerman, Sidney Sam. Sam akan bergabung dengan Schalke setelah musim 2013-2014 berakhir.

Musim ini Sam tampil sangat baik dengan mengemas 11 gol serta 8 asist dari 21 pertandingannya bersama Leverkusen di semua ajang. Tentu saja Schalke sangat beruntung mendapat pemain ini dengan harga yang terbilang sangat murah. Pembelian ini juga mengindikasikan bahwa Schalke akan melepas Julian Draxler pada musim panas nanti dengan harga di atas 30 juta euro. Menang banyak!

2. Pembelian Terambisius

imagqsaes

Fulham, Kostas Mitroglou (£13.3 juta)

Fulham secara mengejutkan mendapat striker andalan Olympiakos, Kostas Mitroglou. Padahal Mitroglou banyak digosipkan akan pindah ke Arsenal atau Liverpool. Keberanian Fulham mengeluarkan uang banyak untuk transfer ini sudah jelas merupakan upaya mereka untuk bangkit dari zona degradasi menuju zona ambang batas.

Selain Mitroglou, Fulham juga mendatangkan pemain kelas atas lainnya yaitu Lewis Holtby. Situasi Holtby di Tottenham dimanfaatkan betul oleh Fulham untuk meminjam pemain tersebut hingga akhir musim.

3. Pembelian Termahal

Be2pVs_CQAAl3Ja

Juan Mata, Chelsea -> Manchester United, €39 juta

Sering ngambek karena terus dicadangkan Mourinho, akhirnya Juan Mata dilepas Chelsea menuju sang rival, Manchester United. Krisis pemain yang dilanda Moyes membuat Manchester United akhirnya rela mengeluarkan banyak uang demi memboyong Juan Mata.

Manchester United sebenarnya ingin mendatangkan beberapa pemain lain, namun karena beberapa kendala mereka terpaksa hanya merekrut gelandang terbaik Chelsea selama dua musim ini pada transfer musim dingin.

Selain Juan Mata, transfer Matic ke Chelsea (€22 juta) dan Cabaye ke PSG (€22 juta) juga merupakan pembelian termahal Januari kemarin.

4. Transfer Ter-PHP

Julian-Draxler-Schalke_2887885

Julian Draxler, Arsenal

Seperti biasa, Arsenal menjadi tim yang paling banyak memberikan harapan palsu terkait masalah transfer. Selama sebulan penuh layaknya puasa ramadhan, Arsenal terus diisukan akan mendatangkan Draxler. Namun nyatanya transfer ini tak kunjung terjadi, Schalke yang menginginkan mahar senilai €40 juta untuk Draxler hanya mampu dipenuhi sebesar €39.5 juta oleh Arsenal. Alhasil transfer pun urung terjadi, hingga Arsenal akhirnya nyari yang gratisan aja dengan meminjam Kim Kallstorm.

Pertukaran pemain antara Vucinic (Juventus) dan Guarin (Inter) juga menjadi transfer ter-PHP lainnya. Gagalnya proses negosiasi yang dikarenakan beberapa hal diduga menjadi penyebab batalnya kegiatan barter pemain tersebut.

5. Tertikung

3684753-6643227

Liverpool, Mohamed Salah & Seydou Keita

Kegagalan transfer Liverpool ini memang cukup tragis. Aktivitas transfer Liverpool pada Januari ini memang terlihat tanggung-tanggung cenderung gak niat. Mungkin Suarez yang berhasil perpanjang kontrak dengan Liverpool, membuat Brendan Rodgers tenang-tenang saja dala memburu pemain.