Apakah Pelatih Yunani Diusir Wasit Karena Bulu Hidungnya yang ‘Offside’?

Pertandingan perdelapan final antara Kosta Rika melawan Yunani memang sudah berakhir, tapi masih ada satu hal yang mengganjal pikiran kita sebagai analis gak penting di dunia pesempakbolaan. 

Jadi terdapat momen jelang detik-detik tendangan pinalti dimana diskusi panjang terjadi antara pelatih Yunani Fernando Santos dan sang pengadil lapangan, Benjamin Williams. Lalu tiba-tiba saja kartu merah keluar, Fernando Santos diusir keluar lapangan oleh sang wasit!

Apa yang terjadi? Kenapa Santos bisa diusir? tanya kita kepada televisi.

Apa hanya karena bulu hidung sang pelatih yang lebat tak terawat, keriting belum direbonding, offside melewati lobang hidung yang membuat sang wasit akhirnya memutuskan mengusir pria 59 tahun tersebut?

Semakin penasaran akhirnya kita cari tau lebih lanjut tentang isu pengusiran ini.

Eh sebelumnya jangan anggep ini isu gak penting loh! Ya emang sih diusirnya itu menit 120, tapi peran seorang pelatih pada babak penalti itu penting. Biasanya sang pelatih akan menanyai mental para pemainnya apakah mereka siap mengeksekusi tendangan penalti. Jadi kalo gak ada pelatih, ya gak ada orang pertama yang menentukan siapa yang akan menjadi algojo penalti.

Nah ternyata Santos ini diusir karena melakukan protes keras, yang menurut wasit itu berlebihan.  Perbedaan pendapat antara kedua belah pihak ini terjadi karena offisial yang sepertinya lebih menganak emaskan Timnas Kosta Rika. Berikut hasil wawancara Santos, dikutip dari theepochtimes:

“Kata wasit kita gak boleh masuk ke dalam lapangan, kita (staff pelatih) dan para pemain pengganti harus berada di luar lapangan”

“Lalu gue tunjuk aja tuh tetangga sebelah (Kosta Rika) dan gue bilang. ‘Mereka semua ada di lapangan’. Pemain, staff teknik, pokoknya semua orang Kosta Rika lah ada di lapangan, sementara kita orang Yunani gak boleh melewati garis”

“Jadi gue bilang aja, ‘ini gak bener dong; itu adalah standar ganda”

“Kenapa? apa gue beda dari mereka? Apakah karena gue orang Portugal?” OMG Hellowww

Akhirnya tanpa kehadiran Santos di lapangan, Yunani tepar. Mereka kalah dengan skor 5-3 pada babak adu pinalti. Akhirnya kita juga lega karena insiden pengusiran ini terjadi bukan karena bulu hidung dengan upil yang menggelantung.