Apa Susahnya Buang Bola Boruc!

article-2512441-1998EA1400000578-225_634x410

Bolawow – Mungkin seperti judul artikel inilah yang terucap dari mulut para fans Southampton, maupun para komentator legal maupun ilegal, ketika Boruc melakukan blunder konyol yang berujung pada kekalahan timnya. Ditambah satu gol pinalti, Arsenal berhasil menang atas Southampton dengan skor 2-0 di Emirates.

Pertandingan antara kedua tim yang sedang berada di papan atas ini berjalan cukup alot kaya kerupuk masuk angin. Sampai suatu momen yang tak terduga terjadi. Boruc melakukan blunder yang terlihat sungguh konyol. Bukannya membuang bola, Boruc malah terlihat ‘berleyeh-leyeh’ dengan bola, hingga akhirnya bola direbut oleh Giroud yang kemudian memasukkan bola ke gawang dengan sangat mudahnya.

Blunder ini sebenarnya sangat mungkin untuk tidak dilakukan karena sesungguhnya Boruc mempunyai kesempatan membuang bola yang cukup banyak, namun ia tidak melakukannya. Coba ya nih liat, kesempatan Boruc untuk membuang bola sebenernya banyak:

1. Fase Nyaman
Slide1

Sebaiknya Dilakukan: Langsung buang bola, arahin ke temen kalo bisa.

Boruc: Muter dulu. Masih ingin mencari posisi yang nyaman untuk membuang bola.

2. Fase Siaga

Slide2

Sebaiknya Dilakukan: Musuh mulai mendekat, saatnya membuang bola sejauh-jauhnya atau krim bola ke ruang kosong, biar bek yang ngejar.

Boruc: malah muter balik, mau ngecoh Giroud kayanya.

3. Fase Kritis

Slide3

Sebaiknya Dilakukan: Jangan main-main lagi, buang bola ke luar lapangan.

Boruc: Muter lagi, karena kebanyakan muter-muter, akhirnya pusing sendiri.

4. Fase Pasrah

BZxKywCCQAAjqGf

Sebaiknya Dilakukan: Pasrah!

Boruc: Pasrah!

Entah apa yang Boruc sedang pikirkan, nampaknya ia tidak kosentrasi. Biarpun melakukan kesalahan yang tergolong konyol dan fatal, namun sang pelatih, Pochetino, tidak menyalahkan Boruc dan mengeluarkan pernyataan bijak. “Saya jelas tak senang dengan hasil akhirnya dan cara kami mengalami kekalahan, tapi terkadang itulah sepakbola,. Hal-hal seperti ini bisa terjadi,” kata Pochettino di BBC.