in

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Athletic Bilbao Jika Berhasil Merebut Tiket Liga Champions Musim Depan

Kemenangan Telak 3-0 atas Malaga kemarin kian mantapkan posisi Athletic Bilbao untuk merebut tiket terakhir Liga Champions musim depan. Sekedar nostalgila, terakhir kali Athletic Bilbao bermain di kompetisi Liga Champions adalah pada musim 1998/1999.

Tentu merupakan sebuah hal yang langka melihat Athletic Bilbao bermain dikompetisi terelit Eropa, bukan bermaksud merendahkan, namun jika diitung-itung terakhir kali Athletic bermain di Liga Champions adalah 15 tahun yang lalu.

Buat yang belum tau, nih kita kasih tau pencapaian Bilbao di Liga Champion pada musim 98/99

Menduduki posisi bontot di grup B tentu bukanlah pencapaian yang ingin diulangi oleh anak buah Ernesto Valverde. Biar gak terulang makanya dengan rasa kesoktahuan Bolawow yang sudah teruji di ITB dan IPB, Bolawow mau bocorin hal-hal apa saja yang musti dilakukan Athletic untuk berlaga di kompetisi terelit Eropa.

1. Kebijakan Transfer Yang Super Jenius

Kenapa harus super jenius ? karena Athletic punya kebijakan transfer yang unik dimana pemain yang berseragam Athletic harus/musti/wajib berdarah Basque. Pusing deh tuh tim scout Athletic buat nyari pemain berkualitas yang musti berdarah Basque.

2. Menjaga Pemain Bintang

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, pemain kunci macam Iker Muniain, Andoni Iraola, dan Markel Susaeta harus dipertahankan sebisa mungkin dari godaan-godaan tim dengan dana melimpah. Kalo nyari pemain keturunan Basque aja susah maka alangkah baiknya jika mereka mempertahankan pemain yang sudah ada.

3. Beradaptasi Dengan Jadwal Padat

Musim ini Athletic hanya bermain di 2 kompetisi lokal yaitu Liga BBVA dan Copa del Rey. Jika musim depan mereka berlaga di pentas UCL itu artinya jadwal bermain akan semakin padat. Kebugaran pemain tentu akan berpengaruh.

Valverde sepertinya harus memanggil istri dan pacar para pemain untuk memberi nasihat tentang asupan gizi yang harus dipenuhi anak asuhannya. Para istri sebaiknya diperingatkan agar suaminya jangan diempanin indomie goreng melulu.

4. Tidak Mengikuti Jejak Tim Basque yang Satunya

Jika musim ini Real Sociedad yang mencicipi bagaimana buasnya bermain di Liga Champions, maka musim depan tim tetangga yang mendapat giliran. Bagaimana pencapaian Sociedad di UCL ? gak usah ditanya lagi yah, ancur. Menjadi kuncen di grup A dan tidak pernah sama sekali mencicipi kemenangan, ngenes kan?

5. Move On

Intinya sih kalo gak mau mengulangi Liga Champions 98/99 ya harus move on. Emang berat sih waktu itu segrup ama Juve dan Galatasaray tapi ya gak jadi “juara kunci” juga kelleus.

Sungguh menarik untuk melihat bagaimana Aritz Aduriz cs mengarungi kompetisi tertinggi Eropa musim depan.

Bagi yang udah gak sabar nunggu, nih kita kasih DP berupa babes -nya Athletic:

jones preman pasar

Pemain Ini Dipecat Klub Akibat Mukulin Rekan Satu Timnya Sendiri

christophehall-chris-hall-twiiter-3411338

Kisah Mengharukan Jersey Sheffield Wednesday yang Hilang