Sebelum ‘kang minyak’ dateng, Manchester City bukan merupakan klub papan atas. Mereka hanya tim medioker yang selalu berada di bawah bayang-bayang sang rival, Manchester United. Manchester City di Liga Inggris bagai hidup segan mati tak mau, juara enggak, degradasi juga enggak, disitu-situ aja pokoknya, papan tengah.

Seiring berjalannya waktu, entah bagaimanapun carannya, kini Manchester City telah bertransformasi menjadi klub besar dengan dana melimpah yang selalu menjadi kandidat kuat peraih gelar Premier League tiap musimnya. Tapi sayang, sejarah akan terus melekat dalam diri setiap subyek.

Quatrick Aguero pada pertandingan melawan Hotspurs pekan lalu, mengungkap fakta bahwa ternyata Manchester City gak punya top skorer yang wow sepanjang mereka berlaga di Premier League. Ya bayangin aja, 4 teratas top skorer Manchester City merupakan pemain yang dibeli dari duitnya ‘kang minyak’.

Gak percaya? Nih kita kasih tau!

1. Sergio Aguero – 61 Gol (95 Pertandingan)

2. Carlos Tevez – 58 Gol (113 Pertandingan)

3. Edin Dzeko – 48 Gol (115 Pertandingan)

4. Yaya Toure – 42 Gol (141 Pertandingan)

5. Nicolas Anelka – 37 Gol (89 Pertandingan)

Sergio Aguero, Carlos Tevez, Edin Dzeko, dan Yaya Toure semua dibeli setelah tahun 2008, tahun dimana Abu Dhabi United Group mengambil alih kepemilikan Manchester City dari Thaksin Sinawahtra.

Eh yang kita bahas di atas itu top skorer pada ajang Premier League loh ya! Jangan salah! Kalo top skorer sepanjang masa mah laen lagi.

Yaudah biar sekalian, kita kasih tau juga deh nih, top skorer sepanjang masa Manchester City.

Jadi kesimpulannya uang emang berpengaruh banget dalam sepakbola. Bukan untuk meraih gelar secara langsung, melainkan dengan cara membeli pemain berkualitas untuk bersaing meraih gelar.