5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Jika Ingin Berangkat ke Brazil

Tak ada perjalanan yang akan lebih berkesan pada tahun ini selain menyaksikan langsung turnamen olahraga terbesar, Piala Dunia di Brazil.

Jika kalian males ke Brazil karena lokasinya yang jauh, coba pikir ulang! Soalnya kalo ditarik lurus dari peta di buku RPUL, sebenernya posisi Brazil dari Indonesia itu gak jauh-jauh banget kok! Prakteknya juga mudah, tinggal ke bandara, naik pesawat, tunggu beberapa jam, sampe deh.

Tapi apakah itu cukup untuk dapat menikmati Piala Dunia secara 100 persen? tidak, sebelum kalian mempersiapkan hal-hal berikut ini.

1. Tiket Pesawat

Udah kita singgung di intro tadi. Sebelum ke Brazil pastikan kalian mempunyai tiket PP pesawat dari Indonesia ke Brazil dan sebaliknya. Jangan sampe punya tiket perginya doang, soalnya kalo terjadi sesuatu yang buruk seperti kehabisan uang atau hal buruk lain, kalian udah punya tiket pulang ke Indonesia. Kalian gak mau kan kalo nanti keabisan duit disana terus memilih untuk dagang Jus Alpuket demi membeli tiket pulang ke Indonesia?

Selain tiket pesawat siapkan juga dokumen-dokumen penting lainnya seperti Paspor, KTP, SIM, STNK, Struk belanja Indomart, dan lain-lain.

2. Tour Guide dan Tiket Pertandingan

Ini juga penting! tanpa seorang guide yang hafal seluk beluk Brazil kalian pasti akan kesulitan saat menjelajah di negeri orang. Perbedaan bahasa dan budaya jelas menjadi sebab utamanya.

Selain berfungsi sebagai pemandu, travel guide juga bisa membantu mencarikan tiket untuk nonton langsung pertandingan Piala Dunia. Percuma aja kan misal udah ke Brazil tapi ujung-ujungnya nonton di depan layar kaca. Sama aja itu mah, mending gak usah kesana!

3. Uang yang Banyak

Uang yang banyak merupakan hal yang paling penting. Menurut beberapa pengamat, harga apapun di Brazil itu terlampau mahal. Untuk satu hari menginap di hotel di Rio de Janerio dan makan secukupnya, kalian setidaknya harus mempunyai uang sekitar Rp. 7 jutaan.

Menurut pengalaman beberapa turis yang udah pernah kesana, katanya harga di Brazil itu absurd banget. Untuk memakan satu buah burger keju kalian harus membayar sekitar Rp. 150 ribu, Pizza sekitar Rp. 350 ribu. Parahya lagi katanya kualitas barang disana sangat tak sesuai dengan harga yang kita bayar.

Jadi jangan harap hidup enak disana kalo gak mempersiapkan uang banyak.

4. Koper yang Besar

Berhubungan dengan poin sebelumnya dimana harga barang di Brazil tidak bersahabat. Maka ada baiknya kalian membawa segala sesuatunya dari rumah. Baju, sepatu, bikini, dan kebutuhan lainnya akan lebih baik jika dipersiapkan sebelum berangkat. Soalnya sendal jepit swallow yang disini cuma 10 ribuan disana harganya bisa sampe 100 ribuan. Makanya jangan mau kalah banyak dari pedagang di Brazil.

5. Smartphone

Apa gunanya nonton langsung di Brazil tanpa memamerkannya ke sosial media. Pasti bakalan keren abis kalo kalian upload foto dengan latar belakang stadion Maracana. Gebetan yang biasanya cuek abiis seketika bisa tau-tau langsung mention. Jadi jangan lupa bawa gadget sebagus-bagusnya. Jangan sampe beli disono, karena kan kita udah bilang harga apa-apa mahal di Brazil.

Nah setelah kalian mempersiapkan semua hal yang kita saranin, baru secara resmi kita merestui kalian berangkat ke Brazil.