4 Alasan Kenapa Southampton Tidak Boleh Diremehkan

LEVEL UP 1

Bolawow – Dikala tim-tim besar Liga Inggris sedang pasang surut gonjang ganjing pada awal musim ini. Southampton secara mengejutkan muncul di tangga tiga posisi teratas Liga Inggris. Mereka hanya berada dua garis di bawah Arsenal dan Liverpool yang juga secara mengejutkan berada di posisi 1 dan 2.

Ternyata prestasi Southampton ini mengundang banyak ke’syirikan’ dari berbagai pihak terutama para fans yang klub kesayangannya berada di bawah Southampton. Mereka berfikir kotor dan negatif dengan menuduh Soton (nama gaul Southampton) hanya kebetulan aja ada di papan atas, nanti akhir musim juga balik lagi jadi tim medioker. Pemikiran ini sebenernya gak salah juga si, soalnya emang banyak tim yang ngejutin di awal musim tapi perlahan tapi pasti menghilang secara random dan tak pernah lagi tercium baunya di papan atas.

Tapi menurut kita Southampton memiliki beberapa poin ‘ples-ples’ yang bisa membuat mereka tak pantas diremehkan dan dipandang sebelah mata. Apa aja sih poin-poinnya? nih coba baca:

1. Mempunyai Pertahanan yang Kokoh
Sejauh ini pertahanan Soton merupakan yang terbaik di Liga Inggris. Mereka baru kejebolan 5 dari 11 laga yang dimainkan, gak pernah kejebolan lebih dari satu gol tiap pertandingan, dan telah meraih 6 ‘clean sheet’ sejauh ini. Pembelian Dejan Lovren pada musim panas kemarin ternyata memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persatuan dan kesatuan lini pertahanan Soton.

2. Berhasil Mengalahkan Tim Besar
Sepanjang tahun 2013 Soton telah berhasil mengalahkan tim-tim besar seperti Chelsea, Manchester City, dan Liverpool. Eh Liverpool udah mereka kalahin 2 kali berturut-turut tahun ini. Manchester United dan Arsenal juga tahun ini berhasil mereka tahan imbang. Mental yang bagus ketika melawan tim besar ini bakal membantu Soton mencapai konsistensi hingga akhir musim.

3. Tiga Pemainnya Baru Aja Naik Level
Trio lini depan Soton (Lambert, Lallana, dan Jay Rodriguez) baru saja mendapatkan panggilan Kenegaraan untuk ikut membela Timnas Inggris dalam laga persahabatan melawa Chili dan Jerman. Lambert udah duluan si masuk Timnas Inggris, tapi ya biar asik aja gitu makanya disebut trio. Sebenernya pemain Inggris pada banyak yang cedera juga sih makanya mereka dipanggil. Tapi dengan dipanggilnya Lallana dan Rodriguez ke Timnas pasti pemain ini bakalan lebih giat berlatih deh, terus mereka main lebih bagus untuk Soton, biar terus terusan dipanggil Timnas.

4. Punya Pelatih yang Misterius
Sudah hampir setahun Mauricio Pochettino melatih Soton. Dalam kurun waktu satu tahun ternyata Pochettino belum juga jago ngomong Bahasa Inggris. Kalo dalam konferensi pers atau sesi wawancara ia berbicara dengan menggunakan bahasa planet Mars. Sehingga membutuhkan seorang penerjemah untuk mengartikan omongannya tersebut. Dia ini satu-satunya pelatih di Inggris yang gak bisa ngomong Inggris. Jangan-jangan dia sengaja berbicara bahasa yang sulit dimengerti agar bisa tetap merahasiakan strateginya. Sungguh sulit dipercaya.

Jadi sudah sepatutnya para raksasa Liga Inggris mewaspadai kehadiran Soton. Oh iya beberapa pekan ke depan Soton bakal menghadapi periode sulit nih, dengan menghadapi Arsenal, Chelsea, Aston Villa, dan Manchester City secara berturut-turut. Dapatkah Soton melalui ‘Mid Test’-nya ini? kita tunggu saja.

rkb