Faktor- faktor Penyebab Kekalahan Barcelona Atas Sociedad

Pada pekan ke-25, raksasa Spanyol Barcelona ‘kembali’ harus mengakui kekuatan lawannya saat bertandang ke Anoeta, markas Sociedad.

Sociedad berhasil menaklukan tim tamu 3-1, berkat gol Griezmann, Zurutuza, dan hibah dari Alex Song. Sementara Barcelona hanya bisa mencetak satu gol hasil dari tendangan indah Lionel Messi.

Sebuah hal yang langka memang melihat Barcelona kalah. Maka dari itu karena ini adalah kesempatan yang langka, Bolawow akan coba mengupas faktor-faktor yang menyebabkan kekalahan Barcelona.

1. Bermain di Anoeta

Harus diakui oleh para ‘Cules’ di dunia nyata maupun dunia gaib kalau Estadio Anoeta merupakan stadion yang angker bagi Barcelona. Semenjak Sociedad kembali menjajakan kakinya di Liga BBVA (2011/2012), Barcelona belum pernah sekali pun mencicipi kemenangan di stadion yang berkapasitas 33.000 jiwa tersebut.

2. Sukses ‘Mematikan’ Lionell Messi

Tepatnya setelah gol cantik yang diciptakan La Pulga (nama samaran Messi), bek Sociedad seakan tersadar untuk lebih memarking pergerakan Messi. Benar saja, setelah gol pertama Barca tercipta, Messi tidak melakukan banyak hal untuk menambah gol.

Apa jangan-jangan Messi masih trauma atas kejadian beberapa waktu lalu ketika salah satu pemain Sociedad menjatuhkan dirinya secara brutal.

3. Rapuhnya Barisan Belakang Barca

Dari sepenglihatan Bolawow tadi malam, lubang besar terdapat pada sektor pertahanan Barcelona. Buruknya penampilan dari Marc Bartra dan Martin Montoya, ditambah Pique yang terus-terusan galau mikirin Shakira, serta hilafnya Alex Song membuat barisan belakang Barcelona kocar-kacir saat menghadapi serangan cepat dari Antoeni Griezmann cs.

Masih beruntung Carlos Vela membuang banyak peluang dipertandingan ini, jika saja Vela sukses mengeksekusi 3 peluang emasnya dengan sempurna bukan tidak mungkin para Cules akan mengambil langkah berlibur ke goa terdekat.